Kesbangpol Tanah Bumbu Gelar Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan untuk Pelajar

0 58

TANAH BUMBU, lugasnusantara.co.id – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMAN 1 Simpang Empat, Rabu (16/3).

Sosialisasi tersebut adalah bentuk kepedulian bersama atas minimnya ideologi dan wawasan kebangsaan yang mulai terkikis oleh perkembangan zaman juga dinamika situasi.

Sehingga perlu dilakukan upaya penyelamatan agar tetap tumbuh wawasan kebangsaan di kalangan remaja atau pelajar.

“Kegiatan ini merupakan sosialisasi wawasan mengenai ideologi dan wawasan kebangsaan,” ungkap Kabid Kesatuan Bangsa Badan Kesbangpol Tanah Bumbu, Hj Maulida Hayati.

Terutama dalam mengembangkan 4 Pilar (NKRI, UUD 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika) demi mencegah akibat kerawanan ideologi dan wawasan kebangsaan dan terjadinya penurunan rasa kebangsaan di antara remaja, maka diperlukan tindakan tegas untuk menumbuhkan wawasan anak-anak bangsa.

Hj Maulida mengatakan pihaknya rencananya juga akan melaksanakan sosialisasi dalam bulan ini di tiga sekolah yaitu SMAN 1 Simpang Empat, SMA Kecamatan Sungai Loban, dan SMA Kecamatan Mentewe.

“Ini untuk menanggulangi adanya masalah remaja seperti kenakalan, penyalahgunaan narkoba, perselisihan maupun pertikaian di kalangan pelajar,” tuturnya.

Manfaat setelah mengikuti sosialisasi ini, kata Hj Maulida, pelajar yang menjadi sasaran dapat menumbuhkan kembali rasa kebangsaan yang mulai memudar serta mampu meningkatkan wawasan mereka tentang Pancasila.

“Nantinya kami akan melakukan evaluasi dan monitoring. Apakah sosialisasi ini berdampak dan bisa diterapkan secara baik di kalangan remaja, kami akan melakukan tinjauan kembali dalam satu bulan ke depan tentang apa yang kami sampaikan ini,” pungkasnya.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.