4 Cara Diet Menurut Ajaran Islam, Silahkan Coba ?

0 67

JAKARTA, lugasnusantara.co.id – Nabi Muhammad SAW mengajarkan umatnya untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan diet. Namun jangan diet ekstrem, ini diet dalam ajaran Islam.

Diet sebenarnya tidak melulu soal menurunkan berat badan, tetapi lebih kepada menjalankan pola makan sehat untuk kesehatan tubuh. Sementara penurunan berat badan hanyalah bonus.

Dalam ajaran Islam pun diajarkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan umat Muslim pernah mengajarkan bagaimana cara menjalani pola makan sehat.

Pola makan sehat tersebut tentunya sesuai dengan ajaran Islam yang mana tidak berlebihan. Seperti yang banyak terjadi, di mana seseorang rela melakukan diet ekstrem demi menurunkan berat badan.

Dilansir dari detikfood, berikut cara diet dalam ajaran Islam:

1. Puasa

Puasa memang merupakan bentuk ibadah umat Muslim kepada Allah SWT. Namun, dalam ibadah ini dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. Puasa bisa jadi treatment untuk mengistirahatkan organ pencernaan.

Dengan berpuasa bisa meminimalisir penumpukan lemak-lemak penyebab berat badan meningkat. Meskipun telah seharian berpuasa, ketika buka dan sahur juga jangan asal dalam memilih makanan.

Pastikan memilih makanan yang memiliki kadar air tinggi, sehingga bisa menghidrasi tubuh. Selain itu, konsumsi makanan kaya protein dan serat agar menekan rasa lapar dan sistem pencernaan lancar.

Dan yang pasti, ketika berpuasa niatkan untuk beribadah kepada Allah SWT. Jangan hanya diniatkan untuk menurunkan berat badan saja.

2. Tidak Makan Berlebihan

Allah SWT tidak menyukai sesuatu yang berlebihan, termasuk makan berlebihan ataupun makanan terlalu sedikit. Hal ini pernah dijelaskan dalam Al Quran surat Al-Araf ayat 31, yang artinya:

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan,”.

Jadi, makanlah secukupnya. Selain itu, Islam juga mengajarkan untuk makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.

3. Makan Makanan yang Halal dan Sehat

Dalam Islam, makan tidak boleh asal memilih makanan dan minuman. Allah SWT memerintahkan hambanya untuk memilih makanan dan minuman yang tidak hanya sehat tetapi juga halal.

Ada banyak firman Allah SWT yang berisi tentang perintah mengonsumsi makanan dan minuman halal. Salah satunya tertuang dalam An-Nahl ayat 114 yang artinya:

“Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah,”.

4. Banyak Minum Air Putih

Air putih merupakan minuman terbaik,, khususnya bagi pelaku diet. Air putih mengandung nol kalori, sehingga tidak akan membuat berat badan menjadi meningkat.

Justru rutin minum air dapat menghidrasi tubuh, membuat fokus dan membuat tubuh lebih berenergi. Dengan minum air putih, bisa membantu mendetoks tubuh dari racun.

Selain itu, kamu juga bisa membuat infused water dengan menambahkan buah-buahan ke dalam air putih. Seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW, beliau membuat air nabeez.

Air nabeez merupakan infused water yang terbuat dari air rendaman kurma. Selain kurma, biasanya orang membuat infused water dari buah jeruk, lemon dan mentimun.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.