Kisah Wali Allah Bangkit dari Kubur

0 816

NASIONAL, lugasnusantara.co.id – Salah satu Wali Allah yang pernah bangkit dari kuburnya adalah Syekh Muhammad Al-Haliq, seorang guru thariqah di wilayah Mardin (sebuah provinsi di Turki sekarang).

Seperti dilansir lugasnusantara.co.id dari buku Kisah Para Kekasih Allah terjemah kitab Jami Karamatul Aulya hal 245 karya Syekh Yusuf bin Ismail An-Nabhaniala, berikut adalah kisahnya:

Kala itu negeri Mardin diperintah oleh seorang raja yang memusuhi Syekh Khaliq sebab ia anti dengan thariqah.

Sang raja meminta Syekh Haliq untuk menunjukan karamahnya sebagai bukti bahwa thariqah yang beliau lakukan adalah benar.

Syekh Haliq berkata, “Aku akan mati sebentar lagi dan kuburkanlah aku semaumu. Setelah berlalu 150 hari aku akan kembali,”.

Tak lama Syekh Khaliq pun wafat. Si raja kemudian menggali kubur yang lebih dalam dibanding kuburan pada umumnya.

Setelah memasukan jasad Syekh Haliq, raja membangun sebuah rumah di atasnya dan memerintahkan prajuritnya untuk menjaga rumah tersebut siang malam hingga 150 hari ke depan.

Belum sehari Syekh Haliq dimakamkan, si raja kemudian menangkap semua pengikut Syekh Haliq dan menyiksanya hingga berlalu dua minggu lebih.

Pada hari ke-20 secara tiba-tiba Syekh Haliq muncul dan mendatangi raja. Si raja gemetar dan ketakutan, ia lantas terjatuh dan bertaubat di tangan Syekh Haliq.

Syekh Khaliq berkata, “Aku bangkit lebih dulu karena pengikutku sedang dizalimi.”

Wallahu A’lamu Bisshawab …

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.