Dinas Perikanan Tanah Bumbu Gelar Lomba Menu Serba Ikan

0 1,173

TANAH BUMBU, lugasnusantara.co.id – Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu menggelar lomba menu serba ikan.

Lomba yang diikuti PKK 12 kecamatan se Tanah Bumbu ini dibuka Asisten Pemerintahan dan Kesra, Hj Mariani, didampingi Ketua PKK Tanah Bumbu, Hj Wahyu Windarti Zairullah di Halaman Kantor Dinas Perikanan, Rabu (3/8)

Kepala Dinas Perikanan Tanah Bumbu, Yulian Herawati, mengatakan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan memasak para peserta lomba.

“Temanya yaitu ragam menu masakan ikan untuk mencerdaskan anak, mencegah stunting dan meningkatkan imun tubuh,” ujarnya. 

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan dan mendukung upaya peningkatan konsumsi ikan melalui gerakan dan memasyarakatkan masakan ikan untuk mencegah atau menurunkan angka stunting serta meningkatkan imun tubuh.

“Kita berharap angka stunting bisa dicegah melalui gemar ikan,” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan Hj Wahyu Windarti Zairullah bahwa ragam menu ikan akan mencerdaskan anak dan mencegah stunting serta meningkatkan imun tubuh.

“Ini ada kaitannya dengan stunting dan perlu kita berantas karena saya ketua tim pencegahanya, maka kita harus bisa bebas stunting melewati tim penggerak PKK kecamatan dan desa,” ujarnya.

Wahyu Windarti berharap lomba menu serba ikan ini bisa dikembangkan ke desa desa terutama kepada kader kader posyandu dan bisa berinovasi terhadap menu ikan. 

“Artinya tidak hanya digoreng dan supaya anak anak tidak bosan dan gizinya tetap bagus, guna mencegah stunting terutama ibu hamil dan ibu menyusui dan balita,” tambahnya.

Hj Mariani turut menyampaikan harapan Bupati bahwa dengan lomba ini bisa mengangkat produk produk Kabupaten Tanah Bumbu.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.