Jalan Longsor di KM 171 Satui Tanbu Bisa Dilewati Roda 2 dan 4

0 1,445

TANAH BUMBU, lugasnusantara.co.id – Jalan nasional yang longsor di KM 171 Desa Satui Barat Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu sudah mulai diperbaiki.

Perbaikan sementara meliputi penguatan lereng dan penataan bahu jalan yang dilongsor yang dilakukan oleh instansi terkait serta PT MJAB yang diberi rekomendasi Pemkab Tanah Bumbu.

Diketahui di lokasi jalan nasional yang longsor juga dibuatkan pagar siring. Kemudian para anggota personel kepolisian juga selalu berjaga untuk mengatur lalu lintas.

Sebelumnya PT Mitra Jaya Abadi Bersama (PT MJAB) memasang papan informasi di 4 titik sepanjang jalan nasional yang longsor di KM 171 Desa Satui Barat Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu ini.

Papan yang mereka pasang sebagai bentuk keterbukaan informasi publik dan bentuk transparansi kepada pengguna jalan dan masyarakat.

“Tujuan kami memasang papan informasi ini, supaya masyarakat sekitar dan pengguna jalan lainnya dapat mengetahui dan mengerti kegiatan ini,” ujar Kepala Teknik Tambang (KTT) PT MJAB, Arifin Noor Ilmi, Minggu (2/10).

Dengan adanya papan informasi ini, diharapkannya tidak terjadi simpang siur informasi yang tidak jelas, terkait pekerjaan tambang di sekitar itu.

Arifin Noor Ilmi menegaskan pihaknya tidak melakukan pertambangan di luar konsensi IUP OP milik PT MJAB, melainkan hanya sebatas membantu penanganan longsor.

“Kami tidak melakukan pertambangan di luar konsensi IUP OP milik kami, baik sekarang dan sebelumnya, dan saat ini kami hanya membantu penanganan penguatan lereng yang longsor,” tukasnya.

Sebelumnya PT MJAB juga sudah membantu melakukan penguatan lereng dan penataan lahan di dalam maupun di luar IUP OP miliknya.

Kegiatan ini mereka lakukan berdasarkan surat rekomendasi perintah dari Pemkab Tanah Bumbu Nomor : T667/5192/DLH-PPKLH.1Bup/IX/2022 yang sudah diterima PT MJAB pada Jumat (30/9).

Arifin Noor Ilmi mengatakan penanggulangan pertama ini guna menjaga agar tidak terjadi sesuatu hal pada lereng longsoran di jalan nasional KM 171 Satui Barat.

“Kami sudah memberikan pagar seng pengaman baru dan menurunkan 1 unit excavator untuk membersihkan dan merapikan bekas longsoran,” ujarnya.

Arifin Noor Ilmi menambahkan pihaknya akan mengadakan rapat koordinasi dengan Balai Besar Jalan Pelaksanaan Jalan Nasional XI Kalimantan Selatan bersama pihak terkait.

“Hari ini Senin 3 Oktober 2020 kami akan rapat koordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI Kalimantan Selatan dan berkordinasi lebih lanjut dengan pihak terkait, terutama PT Arutmin Indonesia Tambang Satui, karena lokasi tersebut berada di dalam konsensi mereka,” pungkasnya.

Sementara itu Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Tri Hambodo, menegaskan saat ini jalan di KM 171 Satui sudah mulai diperbaiki dan bisa dilalui oleh roda 4 dan roda 2.

Namun demikian, kata Kapolres, untuk mobil angkutan berat atau roda 6 dan lebih tetap harus melewati jalur alternatif yang sudah ditentukan.

“Ini agar perbaikan jalan itu bisa lebih cepat, sehingga bisa dilewati oleh semua pengendara,” tuturnya. 

Kapolres berharap semua pengendara bisa mematuhi aturan yang sudah ditentukan bersama untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

“Patuhi agar kita semua selamat. Dan pastinya untuk kebaikan bersama agar jalan cepat selesai diperbaiki,” pungkasnya.

Jalur alternatif untuk roda 6 yang dipakai dengan 2 rute melalui Jalan Simpang 4 Sumpol – Jalan hauling HB Putra – Simpang 3 Jombang. Dan Jalan Munawar – Jalan Hauling HB Putra – Simpang 3 Jombang.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.