Bupati Zairullah Buka Pelatihan Potensial SAR

0 834

TANAH BUMBU, lugasnusantara.co.id – Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar membuka secara resmi pelatihan potensial Search And Rescue (SAR) teknik pertolongan di permukaan air di Hotel Medina Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Senin (19/6/23).

Pelatihan ini dilaksanakan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin dari tanggal 19 hingga 25 Juni 2023 di Kabupaten Tanah Bumbu.

Kepala Seksi Sumber Daya Basarnas Banjarmasin, Dedi Youke Gosal, mengatakan peserta pelatihan sebanyak 50 orang yang terdiri dari berbagai instansi terkait, terutama putra Tanah Bumbu.

“Potensi pelatihan SAR ini yakni memberikan pengetahuan dan peningkatan keterampilan teknik pertolongan di permukaan air kepada potensi personil sesuai standar dan prosedur pelatihan SAR,” ujarnya.

Kemudian juga melatih kemampuan kerja sama dan koordinasi antara potensi dan kantor pertolongan Banjarmasin khususnya di wilayah Kalimantan Selatan.

Dalam pelaksanaan itu, kata Dedi, akan memberdayakan potensi SAR di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin dan memberikan bekal keterampilan kepada potensi SAR tentang cara menyelamatkan diri kepada evakuasi musibah pelayaran dan musibah lainnya, serta kiat-kiat melakukan evakuasi korban.

“Di sini lebih meningkatkan keperdulian masyarakat tentang masalah yang ada hubungannya dengan kemanusiaan dan juga sebagai sarana pembinaan dan pemasyarakatan SAR,” tukasnya.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.