Masyarakat Desa Tri Martani Dukung Penuh Program SDSM

0 1,250

TANAH BUMBU, lugasnusantara.co.id – Program Satu Desa Satu Masjid (SDSM) di Desa Tri Martani mendapat dukungan penuh dari masyarakat setempat.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya sumbangsih warga di antaranya penyediaan konsumsi dan sarana yang ada di Masjid Al-Azhar, Desa Tri Martani, Kecamatan Sungai Loban.

Sekretaris Desa Tri Martani, Arahman, menyampaikan bahwa masyarakat kerap memberikan bantuan konsumsi kepada anak-anak yang sedang belajar mengaji dan menghafal Al-Quran.

“Untuk dukungan masyarakat, sesekali memberikan konsumsi seperti kue kepada anak-anak yang mengaji, ” ucap Arahman.

Pembina Masjid Ustadz Ahmad Roihan, juga mengatakan bahwa banyak anak yang sudah hafal beberapa ayat Al-Quran.

Menurut data yang diberikan, ada 16 anak yang rutin menghafal Al-Quran di Masjid Al-Azhar. Ada juga anak-anak yang baru belajar membaca Al-Quran.

“Mulai sedikit demi sedikit mempraktekkan membaca Al-Qur’an dengan memperhatikan makhraj dan tajwidnya. Dan untuk hafalannya juga bertambah meski dalam setoran hafalan tidak langsung satu surah,” tutur Roihan.

Bentuk dukungan lain dari orangtua dari anak binaan SDSM ialah bersedia mengantarkan dan mengizinkan anak-anaknya bermalam di masjid.

Program SDSM sendiri sudah berjalan satu tahun lebih, yakni sejak Juni 2022. Ada 171 desa yang menjadi lokasi binaan SDSM ini.

Hingga saat ini, ada lebih dari 500 anak yang hafal beberapa juz Al-Quran, bahkan hingga 10 juz.

Dalam beberapa kesempatan Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang turut mensukseskan program SDSM.

“Terima kasih kepada semua pihak. Tokoh agama, SKPD Pemkab Tanbu, Camat dan Kepala Desa beserta perangkatnya, guru ngaji/ustadz, orang tua santri SDSM, Kepala Sekolah dan tenaga pendidik, takmir masjid, dan lainnya, sehingga program SDSM sukses menjadikan ratusan anak-anak penghafal Al-Quran,” tukas Zairullah.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.