DP3AP2KB Tanbu Sosialisasi Peningkatan Kualitas PKBR

0 3,631

TANAH BUMBU, lugasnusantara.co.id – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tanah Bumbu mengadakan sosialisasi peningkatan kualitas, Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Remaja (PKBR) bagi pengelola Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R).

Acara tersebut berlangsung pada Selasa (28/05/2024) di Aula Kantor Desa Betung, Kecamatan Kusan Hilir.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas DP3AP2KB, Erli Yuli Susanti, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut di hadiri oleh 60 peserta

Yang merupakan perwakilan kader PIK-R dari seluruh kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu, serta pendamping Penyuluh Keluarga Berencana (PKB).

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta remaja, dalam pelaksanaan program PKBR. PIK-R merupakan tempat bagi remaja untuk berkegiatan dan belajar mengenai persiapan kehidupan berkeluarga,” ujar Erli.

Fokus utama sosialisasi memberikan pemahaman kepada remaja, mengenai peran mereka dalam pencegahan dan penurunan stunting sebelum memasuki kehidupan berkeluarga.

Erli menekankan, pentingnya pengetahuan tentang pencegahan stunting yang di harapkan dapat mengurangi lahirnya generasi stunting di masa depan.

“Dengan memiliki pengetahuan yang memadai tentang pencegahan stunting di harapkan para remaja dapat mengurangi risiko, lahirnya generasi stunting di masa yang akan datang ketika mereka sudah berkeluarga,” jelasnya.

Ia juga berharap agar para remaja, terutama yang tergabung dalam PIK-R, dapat berperan aktif dan menyebarkan pengetahuan mengenai pencegahan stunting kepada sesama remaja lainnya.

Kegiatan tersebut di harapkan, dapat di ikuti dengan baik oleh para peserta dan manfaatnya dapat di aplikasikan dalam pengembangan kelompok PIK R di lingkungan sekolah maupun tempat tinggal mereka.

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah narasumber dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Desa Betung atau yang mewakili, PLKB pendamping, serta kader Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) se-Kabupaten Tanah Bumbu.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.