DPRD Tanbu Gelar Paripurna Pengambilan Keputusan LPJ APBD 2023

0 887

TANAH BUMBU, lugasnusantara.co.id – DPRD Kabupaten Tanah Bumbu menggelar rapat paripurna dalam rangka Pengambilan Keputusan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) APBD Tahun Anggaran 2023.

Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua II DPRD Tanah Bumbu, Harmanudin, dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Bumbu, Ambo Sakka, mewakili Bupati Zairullah Azhar di Ruang Sidang Utama, Senin (08/07/2024).

Dalam paripurna seluruh fraksi DPRD Tanah Bumbu menyetujui dan menerima LPJ APBD Tahun Anggaran 2023 yang ditandai dengan penandatangan antara pihak legislatif dan eksekutif.

“Atas nama pemerintah daerah mewakili eksekutif kami menyampaikan penghargaan serta terima kasih kepada seluruh pimpinan maupun seluruh anggota fraksi DPRD Tanah Bumbu yang menerima LPJ Tahun Anggaran 2023,” ucap Sekda Ambo Sakka mewakili Bupati Zairullah.

Sekda menguraikan pada pelaksanaan APBD tahun 2023, pemerintah daerah telah mengukir banyak prestasi, di antaranya di tahun 2023 itu Tanah Bumbu dinyatakan zero atau nol kemiskinan ekstrim.

“Jadi angka kemiskinan di tahun 2024 dianggap nol. Hal itu ditandai dengan penerimaan langsung dari presiden yang diserahkan wakil presiden di Istana Negara Jakarta,” ungkapnya.

Terkait pengangguran sempat disebutkan bahwa kasus itu dianggap berkurang secara signifikan. Namun persoalan yang dihadapi sekarang adalah stunting, meski sempat mengalami pengurangan. Namun setelah ada rilis dari kementrian ternyata stunting Tanah Bumbu di tahun 2024 telah mengalami kenaikan.

“Itu perlu kerja keras kami untuk melihat kembali faktor mana yang menyebabkan kenaikan stunting tersebut,” ujarnya.

Sekda menambahkan secara umum untuk pembangunan fisik seperti penghubung antara desa dengan desa, desa dengan kecamatan, serta kecamatan dengan kabupaten, maka demikian sudah dilaksanakan dengan baik, meskipun ada beberapa yang tahun ini akan diselesaikan.

“Ada beberapa pembangunan fisik yang memang dianggap sangat mendesak. Hal tersebut juga kita laksanakan dan di tahun 2024 ini ada yang beberapa multiyears. Itupun juga bisa diselesaikan di tahun anggaran 2024 ini,” pungkasnya.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.