Diikuti Ratusan Peserta, Kontes Kambing Jo Farm Sukses Digelar

0 4,403

TANAH BUMBU, lugasnusantara.co.id – Ratusan peserta mengikuti Kontes Kambing Jo Farm yang digelar di Pantai Jo Cemara, Desa Pulau Salak, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Minggu (25/08/2024). 

Acara dengan total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp 100 juta rupiah ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan (HUT) ke-79 Republik Indonesia. 

Peserta kontesnya pun tidak hanya dari Tanah Bumbu saja, melainkan juga dari luar daerah seperti Kotabaru, Banjarbaru, Martapura, hingga Kalimantan Tengah.

Adapun kontes ini mempertandingkan tujuh kategori, termasuk kelas Extreme Jantan kategori Peranakan Etawa (PE), Boer, dan Jawa Randu, serta kelas Seni Jantan dan Betina kategori PE dan Jawa Randu. 

Pemenang kelas Extreme Jantan Boer di antaranya Govinda sebagai Juara I dengan pemilik Sampurno No 8, Slamet sebagai Juara II dengan pemilik Suyono No 15, Wellung sebagai Juara III dengan pemilik Zcandinavia Farm No 2, dan Bimo sebagai Juara Harapan I dengan pemilik Kasam No 19.

Kemudian pemenang kelas Extreme Jantan PE, Juara I diraih Kusomo dengan pemilik Prasetyo No 10, Juara II diraih Jombrol dengan pemilik Viandral No 4, Juara III diraih Jagat Satrio dengan pemilik Jamjuri No 1, Juara Harapan I diraih Bima Sakti dengan pemilik Erwin Banjarbaru No 6. 

“Kontes ini dirancang untuk menghibur masyarakat sekaligus memberikan wawasan dan pengetahuan mengenai ternak kambing,” ungkap Ketua Panitia Pelaksana, Kusnin.

Kusnin berharap kegiatan ini dapat memotivasi para peternak kambing di Tanah Bumbu untuk mengembangkan bibit unggul yang dapat meningkatkan kualitas ternak mereka.

“Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus didukung, karena melalui kontes ini para peternak dapat menambah pengetahuan tentang bibit kambing yang baik dan dapat dikembangkan di Tanah Bumbu,” harap Kusnin.

Bupati Tanah Bumbu melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, M Putu Wisnu Wardhana mengapresiasi atas terselenggaranya kontes ini. Menurutnya kegiatan ini dapat memotivasi peternak untuk lebih giat mengembangkan sektor peternakan yang pada akhirnya dapat meningkatkan nilai jual ternak dan berdampak positif pada perekonomian daerah.

Acara ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah, antara lain Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Putu Wisnu Wardana, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Tanah Bumbu Hairuddin, serta Camat Kusan Hilir Amirullah.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.