‘Kopi Manis’ Ajang Pertemuan Berbobot Kapolres Tanah Bumbu Dengan Masyarakat

0 2,497

TANAH BUMBU, lugasnusantara.co.id – Bukan hanya untuk pelayanan, bakti religi, bakti sosial dan bakti kesehatan. Kopi Manis atau Kantor Polisi Keliling Humanis juga menjadi ajang pertemuan berbobot antara Kapolres Tanah Bumbu AKBP Arief Prasetya beserta jajarannya dengan masyarakat Bumi Bersujud.

Utamanya masyarakat yang jauh dengan perkotaan lebih tepatnya jauh dari Mapolres Tanah Bumbu yang tentunya sangat jarang bertemu dengan sosok Kapolres, orang nomor satu di kepolisian Tanah Bumbu.

Di kegiatan Kopi Manis ini Kapolres AKBP Arief Prasetya bersama jajarannya langsung turun ke masyarakat yang jauh dengan kantornya untuk bersilaturahmi, bercengkrama, bercerita, hingga curhat.

Apa yang dicurhatkan masyarakat, tentunya bebas saja termasuk mengenai kondisi lingkungan hingga kondisi kehidupan. Kejahatan apa yang ada di lingkungan langsung dilaporkan. Kesulitan apa yang terjadi dan tentunya disampaikan.

Pertemuan itu pun menjadi berkesan, tidak berbatas dengan keadaan. Yang diyakini mereka yaitu polisi adalah pengayom masyarakat tanpa memandang harta, tahta, dan jabatan.

Salah satu warga Desa Sukamaju, Batulicin, Ibu Maya, merasa sangat diperhatikan dengan kedatangan Kapolres Tanah Bumbu AKBP Arief Prasetya yang berperawakan tinggi besar ini ke desanya, pada Rabu (04/09/24).

Dia bercerita untuk melakukan urusan administrasi kependudukan yakni membuat KIA untuk anaknya.  Di sini pun Kapolres menjawab keperluannya dengan mendatangkan Disdukcapil untuk solusinya.

“Mengurus KIA anak. Kedatangan Kapolres membawa rombongan sangat membantu. Tidak perlu repot jauh mendatangi Kantor Disdukcapil di Gunung Tinggi yang jaraknya lumayan jauh dan butuh biaya mendatanginya,” ujarnya.

AKBP Arief Prasetya bertekad akan selalu memberikan pelayanan serta mengayomi masyarakat di wilayahnya dengan sebaik-baiknya.

“Mereka tidak bisa ke kantor karena tidak ada hajat. Ya saya yang mendatangi mereka. Tidak perlu ada hajat khusus, kalau mau bertemu ayo kita bersilaturahmi,” ucap Kapolres.

Kapolres Tanah Bumbu AKBP Arief Prasetya bersama Ketua Lazis Assalam Fil Alamin H Sudian Noor saat membagikan sembako kepada warga. Foto-Syahriadi.

Kapolres menuturkan Kopi Manis bukan hanya pelayanan saja, namun ajang silaturahmi juga merupakan hal yang utama.

Karena menurut polisi yang berpangkat melati dua ini, silaturahmi merupakan pembuka kebaikan. Yang tidak dekat menjadi dekat, yang tidak tahu menjadi tahu, yang tidak kenal menjadi kenal.

“Intinya silaturahmi melalui pelayanan. Dengan silaturahmi kebaikan akan terus menyertai kita semua, khususnya masyakarat Tanah Bumbu,” yakin Kapolres.

Dalam Kopi Manis ini di Desa Sukamaju, Kecamatan Batulicin ini berbagai kegiatan dilaksanakan seperti bakti kesehatan, bakti religi, bakti sosial, hingga pelayanan terpadu.

Kopi Manis ini adalah program unggulan jemput bola Polres Tanah Bumbu untuk membantu masyarakat utamanya yang jauh dari perkotaan. Di antaranya untuk pelayanan, bantuan sosial dan sebagainya.

Dalam kegiatan Kopi Manis, Polres Tanah Bumbu melaksanakan bakti sosial yakni pembagian sembako. Kemudian bakti religi dengan membersihkan tempat-tempat ibadah yang dilakukan oleh personel secara bergotong-royong.

Selanjutnya ada bakti kesehatan dengan mengadakan pengecekan kesehatan, jaminan dan screening kesehatan.

Kemudian juga ada pelayanan terpadu di antaranya perpanjangan SIM, laporan pengaduan dan kehilangan, samsat keliling, SKCK, laporan pengaduan propam, dan pelayanan dukcapil.

“Untuk kegiatan ini kami juga menggandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tanah Bumbu. Juga Lazis Assalam Fil Alamin Kalsel,” pungkas Kapolres.

Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Arief Prasetya, bersama jajarannya di Kopi Manis Desa Sukamaju, Batulicin. Foto-Syahriadi.

Penulis: Syahriadi.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.