Disdukcapil Tanbu Tekankan Pentingnya Adopsi Teknologi Pada Era Digitalisasi

0 3,332

TANAH BUMBU, lugasnusantara.co.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanah Bumbu menekankan pentingnya adopsi teknologi pada era digitalisasi.

Dalam konteks ini, Disdukcapil Tanah Bumbu telah berkembang dengan melahirkan berbagai inovasi layanan online atau going digital.

Kepala Disdukcapil Tanah Bumbu, Gento Hariyadi mengatakan saat ini pelayanan dukcapil jauh berbeda dengan puluhan tahun lalu.

“Tuntutan perkembangan zaman ini harus kita ikuti. Perangkat desa juga harus belajar teknologi, hampir semua pelayanan data terproses dalam sistem digital. Namun kita tetap melayani bagi yang ingin melakukan pendataan diri secara manual,” terangnya di Simpang Empat, Rabu (04/09/24)

Dewasa ini, semua orang menjadi konsumen sosial digital dalam kesehariannya, dukcapil melakukan pelayanan secara mudah dan flaksibel.

Di era yang serba digital ini dengan tujuan memudahkan kebutuhan masyarakat, pemerintah mendorong reformasi kependudukan.

Manfaat dari adopsi Identitas Kependudukan Digital (IKD) yakni mengurangi birokrasi, menghindari kehilangan atau kerusakan kartu identitas fisik, serta meningkatkan keamanan dan keandalan data penduduk.

Identitas kependudukan digital mempunyai nilai yang sangat penting, transparansi dalam administrasi pemerintahan akan meningkat, meminimalisir potensi praktik korupsi dan kecurangan.

Dengan adopsi Identitas Kependudukan Digital, kehidupan masyarakat akan semakin terhubung dan terdigitalisasi.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.