Sekda Tanbu Ingatkan Deteksi Dini Bencana

0 3,329

TANAH BUMBU, lugasnusantara.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan Apel Siaga Bencana dan Gelar Peralatan.

Apel siaga bencana ini dihadiri perwakilan forkopimda, perusahaan, serta jajaran Pemkab Tanah Bumbu di Halaman Kantor Bupati setempat, Jumat (13/09/24).

Bupati Tanah Bumbu melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Ambo Sakka mengingatkan tentang beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penanganan bencana, yakni deteksi dini.

“BPBD agar mendeteksi dini berbagai potensi bencana sekaligus titik rawan bencana. Sehingga antisipasi termasuk mitigasinya itu bisa dideteksi dini,” pinta Sekda.

Kemudian, Sekda meminta untuk membuat perencanaan dan standar operasional prosedur (SOP) yang jelas tentang apa yang dilakukan saat bencana dan bagaimana penanggulangannya. Termasuk mitigasi bencana dan laporan dampak yang terkena bencana.

Setelah itu, pesan Sekda agar membangun sinergitas bahwa ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah, BPBD, TNI, Polri, Basarnas dan berbagai perusahaan. Namun tetap menjadi tanggung jawab semua pihak. Karena ini panggilan nurani untuk membantu sesama yang terdampak bencana.

“Semoga Tanah Bumbu dijauhkan dari bencana dan Insyaallah kita hidup selalu dengan keberkahan,” harapnya.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.