Jadi Yang Pertama! Pemdes Hidayah Makmur Tanah Bumbu Terapkan IKD Untuk Pelayanan Desa

0 1,596

TANAH BUMBU, lugasnusantara.co.id – Pemerintah Desa Hidayah Makmur Kecamatan Simpang Empat menjadi desa yang pertama di Kabupaten Tanah Bumbu yang sudah menerapkan Identitas Kependudukan Digital (IKD) / KTP Digital sebagai syarat untuk semua urusan pelayanan di desanya.

Kepala Desa Hidayah Makmur, Rudi Hartono, mengatakan langkah yang dilakukan desanya ini sebagai upaya mensukseskan pelayanan mudah melalui sistem digital yang diterapkan pemerintah.

“Ini adalah langkah kami untuk meningkatkan serta memudahkan pelayanan kepada masyarakat dan mensukseskan program pemerintah,” ujar Rudi kepada lugasnusantara.co.id, Jumat (19/0724).

Rudi menyebut untuk wilayah Desa Hidayah Makmur saat ini sudah ada sekitar 1.000 warga yang sudah mengaktifkan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau KTP Digital. 

“Bagi warga yang datang untuk mengurus sesuatu di kantor desa, kami wajibkan harus IKD dulu. Tanpa IKD tidak ada pelayanan, kecuali faktor tidak memiliki handphone android atau pun lansia,” tegas Rudi.

Rudi menuturkan kepada warga agar tidak perlu khawatir terkait pelayanan sistem IKD ini. Pihaknya akan membantu untuk aktifasi yang juga dilaksanakan di desanya.

“Warga tidak perlu khawatir untuk pelayanan. Dan tidak ada yang tidak bisa, karena di sini kami bantu semua. Tidak ada atau belum punya IKD, maka akan kami bantu mengaktifkannya bagi yang punya handphone android. Sangat mudahkan,” tuturnya.

Jauh sebelum menerapkan pelayanan desa dengan sistem identitas kependudukan digital atau IKD, Desa Hidayah Makmur juga telah membuka pelayanan pengaktifan identitas kependudukan digital ini kepada warganya.

Layanan pengaktifan IKD ini dijalankannya melalui program jemput bola sejak 31 Maret 2023 yang bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

“Ini juga merupakan program jemput bola kami kepada warga untuk mengaktifkan identitas kependudukan digital sejak 31 Maret 2023 lalu,” ucap Rudi.

Sebelumnya Kepala Disdukcapil Tanah Bumbu, Gento Hariyadi, melalui Kabid Dafduk Hasan mengatakan Desa Hidayah Makmur merupakan pilot project atau percontohan. Yang mana desa ini adalah yang pertama bisa melakukan pengaktifan identitas kepedudukan digital.

“Desa ini yang pertama di Tanah Bumbu yang bisa melakukan pengaktifan identitas kependudukan digital tanpa harus ke Disdukcapil,” tuturnya. 

Hasan mengimbau kepada masyarakat Desa Hidayah Makmur agar mengaktifkan identitas kependudukan digitalnya di kantor desa atau RT setempat yang sudah disiapkan.

“Silahkan para warga Desa Hidayah Makmur datang ke kantor desanya untuk mengaktifkan identitas kependudukan digital. Ini adalah layanan kemudahan kami untuk masyarakat,” pungkasnya.

Salah seorang warga, Sunardi, merasa sangat terbantu dengan program jemput bola aktifasi identitas kependudukan digital tersebut.

“Intinya sebagai warga kami sangat terbantu. Karena tidak perlu repot datang jauh ke Kantor Disdukcapil di Gunung Tinggi. Cukup di desa saja,” tukasnya.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.