Penuhi Hak Warga Binaan, Lapas Kelas III Batulicin Jalankan Program Dokter Menyapa 

0 620

TANAH BUMBU, lugasnusantara.co.id – Plt Kepala Lapas Kelas III Batulicin menginisiasi program dokter menyapa untuk memenuhi hak kesehatan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Program dokter menyapa ini bekerja sama dengan Puskesmas Pulau Tanjung Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu.

Program dokter menyapa ini merujuk arahan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Lilik Sujandi. 

“Pogram dokter menyapa yang terlaksana atas dasar keperluan hak kesehatan Warga Binaan Lapas Kelas III Batulicin yang saat ini sangat diperlukan dengan meningkatnya jumlah warga binaan,” ungkap Plt Kepala Lapas Kelas III Batulicin, Bambang Hari Widodo, Senin (5/9).

Bambang mengatakan program Dokter Menyapa terlaksana atas dasar sinergitas dengan Pemkab Tanah Bumbu yang melalui Dinas Kesehatan setempat yakni Puskesmas Pulau Tanjung.

“Kami lakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan Warga Binaan Lapas Kelas III Batulicin secara periodik untuk memenuhi hak kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan,” terangnya.

Sementara itu, Dokter Umum Puskesmas Pulau Tanjung, dr Resti Akmalina, yang berhadir pada kegiatan tersebut meyambut baik program dokter menyapa hasil kerjansama dengan Lapas Kelas III Batulicin.

“Dengan adanya program dokter menyapa ini, kami mendapat kesempatan melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan tracking penularan penyakit yang dialami Warga Binaan Pemasyatakatan yang ini menjadi salah satu program dari puskesmas sendiri,” ucap Resti.

Program ini dilaksanakan selama 1 minggu sekali dengan rincian 1 orang dokter, 1 orang perawat, 1 orang petugas isidentil Covid, dan 1 orang farmasi dilakukan secara bergantian.

Diketahui Lapas Kelas III Batulicin saat ini dihuni 248 orang. Dengan rincian 144 narapidana dan 104 orang tahanan.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.