Pemkab Tanbu Gelar Apel Siaga Bencana Karhutla

0 1,201

TANAH BUMBU, lugasnusantara.co.id – Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Apel Siaga Bencana dan Gelar Peralatan sebagai langkah strategis dalam menghadapi potensi ancaman kebakaran hutan dan lahan serta bencana kabut asap di wilayah Kalimantan Selatan. 

Apel dipimpin Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, Ambo Sakka di halaman Kantor Bupati, Selasa (8/8/2023) sore.

Sekda mengatakan kegiatan ini sebagai tindakan responsif terhadap prakiraan cuaca oleh Badan Meteologi Klimatologi dan Geofisika Statistik Banjarbaru, Kabupaten Tanah Bumbu siap menghadapi puncak musim kemarau yang diperkirakan akan meningkatkan risiko kebakaran hutan dan lahan, serta potensi bencana asap di wilayah provinsi Kalimantan Selatan, khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan ini terlaksana dengan tujuan utama untuk meningkatkan kesiapsiagaan semua pihak yang terlibat dalam penanggulangan bencana, baik dalam hal personel maupun sarana dan prasarana di Kabupaten Tanah Bumbu,” ujarnya.

Langkah antisipasi yang menjadi garis bawah dalam apel ini adalah koordinasi dan kolaborasi antara semua pemangku kepentingan. 

Ambo Sakka menekankan perlunya koordinasi yang solid antara Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dan berbagai pihak, termasuk Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, POLRI, instansi pemerintah terkait, dunia usaha, dan masyarakat. 

“Kolaborasi ini harapannya meningkatkan penanganan kebakaran hutan dan lahan serta siaga darurat menghadapi bencana,” tuturnya.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.