Pemdes Hidayah Makmur Jemput Bola Buka Layanan Aktifasi Identitas Kependukan Digital Hingga Ke RT

0 867

TANAH BUMBU, lugasnusantara.co.id – Pemerintah Desa Hidayah Makmur Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu membuka pelayanan pengaktifan identitas kependudukan digital (IKD) kepada warganya.

Layanan ini bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk memudahkan masyarakat merubah e-KTP dan KK menjadi identitas digital.

Sekretaris Desa Hidayah Makmur, Rudi Hartono, mengatakan layanan tersebut merupakan terobosan atau program jemput bola yang dilakukan aparatnya.

“Ini merupakan program jemput bola kami kepada warga untuk mengaktifkan identitas kependudukan digital,” ucap Rudi, Sabtu (8/4).

Rudi menuturkan program jemput bola identitas kependudukan digital ini sudah berjalan sejak 31 Maret 2023.

“Desa kami ada 9 RT. Alhamdulillah program ini sudah terlaksana di 8 RT. Selain di kantor desa, pelaksanaan pelayanan juga kami buka di RT yang terjadwal,” tuturnya.

Rudi menyebut hingga saat ini sudah ada 500 lebih warganya yang sudah melakukan pengaktifan identitas kependudukan digital.

“Hingga hari ini sudah ada 500 lebih. Target kami akan tuntas sebelum memasuki pilkades pada September 2023 mendatang,”tukasnya.

Aparatur Desa Hidayah Makmur saat melakukan proses aktifasi identitas kependudukan digital.

Sebelumnya Kepala Disdukcapil Tanah Bumbu, Gento Hariyadi, melalui Kabid Dafduk mengatakan Desa Hidayah Makmur merupakan pilot project atau percontohan. Yang mana desa ini adalah yang pertama bisa melakukan pengaktifan identitas kepedudukan digital.

“Desa ini yang pertama di Tanah Bumbu yang bisa melakukan pengaktifan identitas kependudukan digital tanpa harus ke Disdukcapil,” tuturnya. 

Hasan mengimbau kepada masyarakat Desa Hidayah Makmur agar mengaktifkan identitas kependudukan digitalnya di kantor desa atau RT setempat yang sudah disiapkan.

“Silahkan para warga Desa Hidayah Makmur datang ke kantor desanya untuk mengaktifkan identitas kependudukan digital. Ini adalah layanan kemudahan kami untuk masyarakat,” pungkasnya.

Salah seorang warga, Sunardi, merasa sangat terbantu dengan program jemput bola aktifasi identitas kependudukan digital tersebut.

“Intinya sebagai warga kami sangat terbantu. Karena tidak perlu repot datang jauh ke Kantor Disdukcapil di Gunung Tinggi. Cukup di desa saja,” tukasnya.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.