HDKD ke 77, Lapas Batulicin Gelar Lomba Permainan Tradisional untuk Warga Binaan

0 956

TANAH BUMBU, lugasnusantara.co.id – Lapas Kelas III Batulicin menggelar perlombaan permainan tradisional yang diikuti oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) setempat.

Lomba tersebut merupakan rangkaian dalam rangka memeriahkan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke 77 tahun 2022.

Plt Kepala Lapas (Kalapas) Kelas III Batulicin, Bambang Hari Widodo, mengatakan kegiatan perlombaan bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar warga binaan sekaligus melestarikan budaya kearifan lokal.

“Perlombaan ini bukan untuk mencari siapa paling terbaik, melainkan untuk mempererat tali silaturahmi kita bersama dan sekaligus melestarikan budaya kearifan lokal,” ucap Kalapas, Jumat (5/8).

Bambang menuturkan kegiatan tersebut merupakan perlombaan perdana semenjak diresmikannya Lapas Batulicin.

Di antara perlombaan yang digelar antara lain lomba makan kerupuk, kelereng, balap karung, bakiak, geplek dan tarik tambang.

Bambang menambahkan selain sebagai upaya melestarikan budaya asli bangsa Indonesia, perlombaan tradisional juga bisa mengembalikan kenangan masa kecil dan melatih kekompakan, kebersamaan, gotong royong, hingga saling menghargai sesama warga binaan pemasyarakatan.

“Keseluruhan lomba diambil poin kemenangan yang tertinggi, juara 1 hingga juara 3,” terang Bambang yang memimpin jalannya lomba.

Salah seorang warga binaan pemasyarakat, Boy, merasa senang dengan adanya lomba yang digelar di Lapas Batulicin.

“Setidaknya ini adalah hiburan bagi kami. Kemudian juga untuk mempererat hubungan yang baik untuk menjadi lebih baik. Semoga setiap tahunnya terus digelar,” tukasnya.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.