Diikuti Ratusan Peserta, RIK Tanbu Gelar Pelatihan Budidaya Jamur Tiram dan Pembuatan Pupuk Organik

0 1,509

TANAH BUMBU, lugasnusantara.co.id – Perkumpulan Rumah Inspirasi Kreatif (RIK) Tanah Bumbu menggelar Pelatihan Budidaya Jamur Tiram dan Pembuatan Pupuk Organik.

Pelatihan untuk menuju petani yang kreatif, ramah lingkungan, dan berkelanjutan mendatangkan instruktur nasional yang sudah berpengalaman dari Barito Kuala.

Pelatihan dibuka langsung Ketua RIK Tanah Bumbu, Anwar Ali Wahab, di Sentra Pelatihan PPM Kasturi PT Arutmin Indonesia Tambang Batulicin, Sabtu (21/10).

Anwar menyebut pelatihan ini berlangsung di dua tempat dan selama empat hari yakni 21-24 Oktober 2023.

“Untuk pupuk organik granul berbasis kohe di Desa Mekarsari Kecamatan Simpang Empat. Sementara untuk budidaya jamur tiram di Desa Selaselilau Kecamatan Karang Bintang,” jelasnya.

Pelatihan budidaya jamur tiram dan pembuatan pupuk organik.

“Untuk peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan sebanyak 150 orang terdiri dari tiga kecamatan yakni Mantewe, Simpang Empat dan Karang Bintang,” tuturnya.

Anwar menyebut kegiatan ini juga melibatkan berbagai pihak di antaranya Pemkab Tanah Bumbu, pemerintahan desa, PT. Arutmin Indonesia Site Batulicin dan pihak lainnya yang ikut mensupport terlaksananya kegiatan.

“Gelaran pelatihan peningkatan SDM dan penguatan ekonomi ini akan terus kami laksanakan, karena sesuai dengan visi misi Rumah Inspirasi Kreatif yang mendukung program pemerintah dalam hal peningkatan SDM dan perekonomian mandiri masyarakat,” pungkasnya

Sementara itu, Admint & CDEA Superintendent PT Arutmin Indonesia Tambang Batulicin, Akhmad Nurkholis mengapresiasi kegiatan pelatihan ini dan sejalan dengan program PPM Tambang Batulicin.

“Kami berharap peserta yang mengikuti pelatihan dapat mengaplikasikan cara membuat pupuk organik dan budidaya jamur tiram di desa masing masing,” pungkasnya.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.