Dinas Sosial Tanah Bumbu Gelar Bimtek SIKS-NG

0 3,357

TANAH BUMBU, lugasnusantara.co.id – Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG).

Bimtek ini dilaksanakan mulai tanggal 02 hingga 04 Mei 2024 yang ditujukan bagi operator SIKS-NG desa/kelurahan se-Kabupaten Tanah Bumbu.

Kepala Dinas Sosial Tanah Bumbu, Liana Hamita, menyebut hampir setiap desa/kelurahan di Bumi Bersujud Tanah Bumbu sudah memiliki operator SIKS-NG.

Operator yang mendapat mandat Kementerian Sosial ini bertugas menginput dan memperbarui data kemiskinan yang ada di desa dan kelurahan masing-masing.

“Bimtek ini kita selenggarakan dalam rangka peningkatan kapasitas operator SIKS-NG di kecamatan,” ujar Liana.

Selain itu, bimtek juga dalam rangka menindaklanjuti beberapa perubahan terkait program kesejahteraan sosial tersebut.

“Adapun tujuan dari penyelenggaraan bimbingan teknis, di antaranya adalah untuk meningkatkan kompetensi operator desa/kelurahan dalam pengisi data SIKS-NG,” jelasnya.

Lebih lanjut, bimbingan teknis bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi operator desa/kelurahan dan kecamatan terkait langkah verifikasi dan pengusulan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Dan data Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (PBI JKN) melalui SIKS-NG.

“Kami berharap melalui bimtek SIKS-NG setiap tahunnya desa/kelurahan bisa lebih memudahkan miskin/fakir miskin mendapatkan layanan sosial. Dan mengakses informasi terkait DTKS pada umumnya dan PBI JKN pada khususnya,” pungkas Liana.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.