Intensitas Hujan Tinggi, Sejumlah Wilayah di Tanah Bumbu Terendam Banjir

0 1,379

TANAH BUMBU, lugasnusantara.co.id – Hujan terus menerus memicu terjadinya genangan air dan banjir di beberapa wilayah di Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

Genangan air dan banjir terjadi di Desa Angsana Kecamatan Angsana, Desa Makmur Mulia Kecamatan Satui, serta Desa Sebamban Baru dan Sebamban Lama Kecamatan Sungai Loban.

“Air naik ke jalan di Angsana, karena luapan Sungai Nibung,” ujar seorang pengendara, Roby, Kamis (28/7) pagi.

Roby mengatakan ada beberapa titik jalan yang dia lalui tergenang air karena hujan yang terus turun.

“Di Satui ada juga, namun masih bisa dilewati,” tuturnya.

Di Desa Sebamban Lama, khususnya rumah warga yang berada di bantaran sungai juga mulai terendam dengan ketinggian air mencapai 50 sentimeter.

Air meluap di Desa Sebamban Lama Kecamatan Sungai Loban.

Sementara itu, informasi dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu, di RT 04, 05 dan 06 Desa Makmur Mulia, Kecamatan Satui sempat terjadi kenaikan tinggi air sekitar 10 sentimeter.

Sedangkan untuk Desa Angsana Kecamatan Angsana yaitu di RT 03, ketinggian air sempat naik hingga 1,5 meter yang mengakibatkan 7 rumah terendam dengan 23 jiwa yang terdampak.

BPBD Tanah Bumbu terus melakukan pemantauan, pendataan dan kordinasi dengan perangkat desa dan pihak kecamatan untuk menghadapi situasi tersebut.

Bersama pihak terkait juga dilakukan evakuasi warga yang terdampak banjir serta memberikan bantuan logistik ke pihak kecamatan.

Bantuan logistik yang diserahkan di antaranya beras, mie instan, ikan kaleng, kecap, sambal, teh, kopi, gula, susu, dan air mineral untuk keperluan dapur umum.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.