Bang Dhin Serahkan Alsintan Bantuan dari Kementerian Pertanian RI di Tanah Bumbu

0 946

TANAH BUMBU, lugasnusantara.co.id – Anggota DPRD Kalsel, H. M. Syaripuddin, menyerahkan alat mesin dan pertanian (alsintan) tipe Super Combine Harvester CCH-2000 Star 90 untuk tiga kelompok tani di Kabupaten Tanah Bumbu.

Alat mesin pertanian seharga Rp400-an juta itu merupakan hasil aspirasi dari anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan, Novri Ompusunggu, di Kementerian Pertanian RI.

Pada Jum’at (18/10) pagi, Novri yang diwakili anggota DPRD Kalsel, H. M. Syaripuddin, menyerahkan bantuan tersebut.

“Tolong jaga dan rawat dengan baik bantuan ini,” ucap H. M. Syaripuddin.

Hadir dalam penyerahan tersebut, anggota DPRD Tanah Bumbu, Andi Erwin Prasetya dan Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Tanah Bumbu, Robby Candra.

“Diharapkan bantuan ini bisa membantu petani dalam proses panen,” kata Robby.

Mereka yang menerima bantuan yakni Kelompok Tani Fajar Pagi, Desa Pakatelu, Gapoktan Bersujud, Salimuran, dan Kelompok Tani Karya Maju, Pulau Tanjung.

Dengan adanya bantuan ini, para petani tak lagi menyewa alat mesin pertanian saat musim panen. Menurut Yahmarudin, dari Kelompok Tani Karya Maju, pihaknya biasanya mengeluarkan biaya cukup banyak untuk menyewa alat mesin pertanian.

“Biasanya dihitung Rp23 ribu per karung. Jadi dihitung aja misal sekali panen kami dapat 200 karung. Segitu total biaya yang kami keluarkan,” ucapnya.

Untuk itu dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota DPR RI dari PDI Perjuangan, Novri Ompusunggu, yang telah mengakomodir aspirasi para petani.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.