Rumah Inspirasi Kreatif Berhasil Kembangkan Budidaya Jamur Tiram dan Pembuatan Pupuk Organik

0 1,182

TANAH BUMBU, lugasnusantara.co.id – Kegiatan pelatihan budidaya jamur tiram dan pelatihan pupuk organik berbasis kotoran hewan yang dilaksanakan Rumah Inspirasi Kreatif Kalimantan Selatan telah membuahkan hasil.

Kini budidaya jamur tiram yang dilaksanakan beberapa waktu lalu di Desa Selaselilau Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu mulai membuahkan hasil.

Keberhasilan budidaya jamur tiram tersebut disampaikan langsung Ketua Rumah Inspirasi Kreatif (RIK), Anwar Ali Wahab, yang juga merupakan calon legislatif DPRD Kalsel dari partai NasDem dapil 6 Tanah Bumbu dan Kotabaru. 

Anwar mengatakan tidak hanya budidaya jamur tiram saja yang berhasil, tetapi pelatihan pupuk organik berbasis kotoran hewan juga telah membuahkan hasil. 

“Bahkan warga yang ikut pelatihan pupuk organik berbasis kotoran hewan (kohe) sudah ada yang mampu memproduksi pupuk hingga 15 ton,” ungkap Anwar, yang sangat getol menggali dan memberdayakan potensi ekonomi masyarakat desa jauh sebelum ia memutuskan menjadi caleg.

Anwar menambahkan dalam waktu dekat RIK akan kembali melaksanakan pelatihan jamur tiram di Kecamatan Batulicin dan pelatihan pupuk organik di Kecamatan Kusan Hilir.

“Untuk pelatihan jamur tiram Insya Allah akan kita adakan di minggu pertama bulan Januari tahun 2024 yang akan bekerja sama dengan beberapa perusahaan tambang yang ada di daerah ini. Bagi masyarakat yang berminat mengikuti pelatihan tersebut bisa menyampaikan keinginannya melalui pemerintah desa masing-masing, karena kouta peserta hanya 100 orang jumlahnya,” pungkasnya.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan ditampilkan.